6 Jenis Burung Perkutut Lokal Dan Internasional

Recomended


Jenis burung perkutut lokal dan macam – macamnya – burung perkutut tentu semua orang mengenalnya, hewan udara yang sangat jinak dan dapat kembali ke kandangnya walaupun di lepas bebas.

Perkutut merupakan hewan udara yang memakan biji – bijian dan serangga kecil, dan dapat hidup serta mencari makan sendiri tanpa bantuan manusia. Memiliki bentuk tubuh 21 cm, ekor yang panjang 5cm serta memiliki warna bergaris – garis.

Cara hidup jenis burung perkutut selalu berpasangan, namun bila dalam kelompok kecil mereka juga selalu bersama – sama dalam mencari makan, sarang. Perkembangbiakan burung ini juga sangat unik yaitu pada bulan januari hingga september.

Nama Lain Dari Burung Perkutut Di Negara Asing

Tak hanya di indonesia saja yang menyebut perkutut dengan nama lain tekukur, bangsa asing juga memiliki sebutan seperti layaknya malaysia menyebut perkutut sebagai ketitir dan singapura merbok, thailand chewa.
Ciri – Ciri Burung Perkutut
  • Pemakan biji bijian dan serangga
  • Berpasangan
  • Burung perkutut jantan suara lebih nyaring, dari pada betina yang suaranya kecil
  • Burung ini memiliki kelebihan pada hidungnya yang dapat menutup tanpa kemasukan air saat minum di sungai.

Jenis Burung Perkutut Lokal Dan Interlokal

1. Perkutut Jawa (Geopelia Striata)
Perkutut jawa merupakan perkutut yang sangat beredar di pasar burung indonesia dan mudah dicari. Ada dua jenis dalam perkutut jawa yang pertama adalah perkutut biasa dan perkutut bangkok. Perkutut ini berasal dari tanah jawa, bali dan sumatera. Ciri utama dari perkutut jawa adalah warna coklat garis – garis
Perkutut Jawa - jenis burung perkutut
Perkutut Jawa - jenis burung perkutut


 2. Perkutut Sumba (Geopelia Striata Mangeus)
Merupakan perkutut dari tanah air sumba habitatnya adalah lombok, sumbawa dan timor, ciri utamanya adalah matanya bewarna kuning.
Perkutut Sumba - jenis burung perkutut
Perkutut Sumba - jenis burung perkutut


3.  Perkutut Tanimbar (Geopelia Striata Audacis)
Perkutut yang berada pada habitat tanimbar atau maluku tenggara barat, memiliki ciri yang hampir sama pada perkutut jawa.


4. Perkutut Papua (Geopelia Striata Papua)
Merupakan perkutut yang berasal dari papua dan papua new zeland, meski beda negara akan tetapi sangat mirip, ciri utamanya adalah memiliki mata hitam dan bewarna coklat serta putih di lehernya, harganya pun ikut bersaing sangat mahal karena belum di hitung ongkos transport.
Perkutut Papua - jenis burung perkutut
Perkutut Papua - jenis burung perkutut


5.  Perkutut Australia Utara (Geopelia Striata Placida)
Perkutut australia utara merupakan perkutut yang memiliki keunikan sendiri yaitu kacamata merah dan bewarna biru kehitaman.
Perkutut Australia - jenis burung perkutut
Perkutut Australia Utara  - jenis burung perkutut


6. Perkutut Australia Barat (Geopelia Striata Tranquila)
Hampir mirip pada perkutut australia utara untuk warna bulunya, namun perbedaannya adalah pada kacamata, perkutut australia barat memiliki kacamata warna biru sedangkan australia utara memiliki kacamata merah.
Perkutut Australia Barat - jenis burung perkutut
Perkutut Australia Barat - jenis burung perkutut
<data:blog.pageTitle/>

0 Response to "6 Jenis Burung Perkutut Lokal Dan Internasional"

Posting Komentar